Lorem Ipsum

Assalamu’alaikum sobat…

Dan salam sejahtera buat semua nya
Sebelum anda melanjutkan membaca postingan saya kali ini,,izinkan saya bertanya dulu pada anda,,,,
Pernahkah anda menemui tulisan seperti ini “Lorem ipsum dolor sit amet,… “ ?
Pernahkah anda bertanya-tanya dalam hati mungkin, kenapa banyak sekali tulisan seperti ini,dan apakah arti tulisan tersebut,..?
Bahasa manakah ini…?
Dan lain sebagai nya dan lain sebagai nya..
Atau anda masa bodoh aja,,dengan tulisan seperti tersebut di atas
Kalo anda sampai saat ini masih masa bodoh dengan tulisan tersebut,tentang asal-usul dan lain sebagai nya..
Maka,anda tidak usah melanjutkan membaca artikel ini,, cukup sampai disini,dan lansung menuju form koment aja,, hehhehe 😀
Setelah beberapa kali saya menemukan tulisan “lorem ipsum… “ saat dunlut template, atau mengambil contoh element html
Atau yang lain,sempat terlintas dan timbul pertanyaan dalam hati saya,,
Siapa itu “Lorem ipsum dolor sit amet,…”
Setelah kesana kemari mencari informasi tentang “Lorem ipsum dolor sit amet,…” akir nya saya nyangkut di rumah nya mbah Wikipedia
Di sana sang empunya rumah bilang tentang ” Lorem ipsum dolor sit amet,…”
Ternyata “Lorem ipsum dolor sit amet,…” berasal dari bahasa latin
Kalo menurut sumber lain sejarah tentang “Lorem ipsum dolor sit amet,…” sebagai berikut
Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting.
Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf.
Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun.
Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.
Namun dalam perkembangan nya banyak dari para publisser merubah naskah dari lorem ipsum,dengan gaya bahasa mereka masing masing
Susunan naskah asli dari lorem ipsum adalah sebagai berikut..
“Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum. ”
Dalam bahasa Indonesia naskah lorem ipsum dapat di terjemahkan kurang lebih sebagai berikut
“Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan? ”

Cirri-ciri dari keaslian susunan lorem ipsum yang dapat dengan mudah kita temukan adalah tidah adanya abzad “ K ‘, “w”, dan “z”.. karena abzad-abzad tersebut tidak lazim di gunakan dalam bahasa latin ,atau abjad tersebut memang tidak terpakai dalam bahasa latin
Menurut sebuah penelitian yang di lakukan oleh Richard McClintock, seorang professor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum.
Setelah ia mencari maknanya di di literatur klasik, ia mendapatkan sebuah sumber yang tidak bisa diragukan.
Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah “de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. BUku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, “Lorem ipsum dolor sit amet..”, berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.
Jadi anggapan bahwa tulisan lorem ipsum yang sering kita jumpai dalam contoh-contoh desaid template,atau html
Adalah sebuah kata yang acak itu tidak benar….

Bagaimana sobat,,,,?
Bagi anda yang selama ini mempunyai pertanyaan yang mengganjal tentang “lorem ipsum “
Sudah agak terangkan sekarang…?
Hehhehehhee

Demikian posthingan saya kali ini semoga sedikit banyak ada manfaat untuk kita semua
Ada kurang lebih nya dalam penulisan saya mahon maaf
Dan akhir nya wasalamu’alaikum….

nb: sumber dari
id lipsum.com
wikipedia

This post was written by...

– who has written 63 posts on AriWarna Net.

Contact the author